Minggu, 15 Juni 2008

jalan-jalan ke kampung halaman

Hmm.. kali ini diriku mw menceritakan sedikit kampung halaman ku kepada sahabat² blogger's.yup!! Kabupaten Soppeng.. itu adalah kampung halamanku yang merupakan salah satu daerah tingkat II yang ada di provinsi Sulawesi selatan. hmm..banyak yang bilang sih Soppeng itu kota bandungnya masyarakat Sulsel.mungkin karena di kelilingi oleh gunung² dan perbukitan yang rata² berada di antara 100-200 meter di atas permukaan laut yang menjadikan kota kelahiran mace(ibu*red)ini berhawa dingin dan sejuk, dan karena hawa sejuk serta cuaca dingin yang menjadikan penduduk disana mempunyai kulit putih contohnya saya :z(narsizz itu indah)

hmm..menempuh paerjalanan ke Kab. Soppeng klo dengan menggunakan mobil itu bisa memakan waktu 4-5 jam perjalanan dan klo menggunakan kendraan bermotor dapat di tempuh 3 jam perjalanan.adapun daerah yang bisa di lewati jika ingin berkunjung ke kampung halamanku ini.pertama yaitu jika melewati kab.barru(ini kmpungx cc unieq) qt langsung bisa lewad buludua, tp sumpah jika melewati jalanan ini.. :( aaaaaaaa diriku pasti mabok, disebabkan jalananx yang berliuk² seperi ular(dan mgkn karena sperti ular nama jalan daerah ini dinamakan bulu dua) dan yg kedua qt langusng bisa lewad camba(ini jalan alternatif yg paling cepat untuk bisa masuk ke kab.Soppeng)tp..diriku ampun jika harus ke soppeng dan lewad jalan ini, yup sama seperti bulu2 jalan ini juga berliuk dan mempunyai tikungan² yang tajam , jika lewad jalur ini qt harus berhati²..disini jalan poros banyak kendaraan yg lewad, dan samping kiri kanan jalan ini adalah tebing curam dan jurang(hiihihi..ngeri yaK disini biasa banyak t'jadi kecelakaan) tp g' perlu khawatir klo perginya dengan hati²..Insya Allah sampai dengan selamat :y

nah memasuki kab.Soppeng qt bisa menghirup hawa dingin nan sejuk dan sampai memasuki daerah perkotaan, qt melihat mesjid agung yang berdiri dengan megahnya(nah dari mesjid ini rumah mace dah dekat).view disini :d indah sekali..

tp upss tatapan anda jangan hanya memandang lurus!!coba menengok ke atas..yup!! sekumpulan kalong a.k.a pa'nyiki(burung kalelawar)memenuhi dahan² pepohonan yg ada di sekitaran mesjid(tp bukan hanya daerah mesjid, daerah lain tp yg jelas ttp masuk dalm lingkup kab.Soppeng)..kalelawar itu bergelantungan dengan kepala di bawah sambil sayap mereka menutupi seluruh bagian tubuh mereka.tenang para kalelawar ini tidak berbahaya(mereka hanya makan buah²an), justru sebaliknya untuk masyarakat soppeng mereka percaya klo kalelawar ini bs memberi peruntungan tersendiri bagi mereka.konon pada jaman dahulu kala..seketika semua kalelawar yg biasannya bertengger di atas pohon tiba² menghilang, alhasil musibah terjadi dimana² mulai dari kemarau yang berkepanjangan dan kehidupan pemerintah yang dahulu kala di bawahi oleh raja itu menjadi murat marit yang menyebabkan rakyat menderita.tapi.. kata mace (ini yang unik) pada saat berkunjung ke kab.Soppeng dan qt sampai kena kotoran kalelawar itu(ntah itu di kencingi atw di pup*in;) qt nantinya pasti bakal jadi warga soppeng, ntah itu qt bekerja disana atw sampai kita menikah dan berkeluarga dengan orang soppeng..(ada yang berminat??) :p

hhm.. untuk t4 wisata qt bisa mengunjungi t4 wisata permandian alam air panas.daerah wisata itu bernama le'ja..konon air panas yang langsung turun dari gunung ini bisa menyembuhkan berbagai mcam penyakit karena mengandung belerang. di sini qt bisa berendam di dalam kolam air panas yang terbagi² dengan beberapa bagian. paling tinggi kolam yang menuju dari sumber air panasnya, maka semakin panas pula airnya.

tp jika malas untuk bepergian ke Le'ja..yawda bisa ko rendam² badan di sungai samping rumahku(rumah di soppeng yaK, di kota mana ada sungaI yg ada kanal :t) atw mungkin mw berwisata sambil uji nyali ke vila² belanda yg ada di samping mesjid..villanya lumayan seram lohh..

hmm..mungkin itu aja dlo..sedikit crita dari kab.Soppeng lain waktu dan klo dapat informasi yang lengkap dari tanah kelahiran ibu(rencanax mw ngorek informasi dari my mom) diriku akan melanjutkannya.. :)


nb: cc unieq nih blog mungkin bisa membantumu menceritakan sedikit t4² wisata yang asyik yg ada di sulawesi selatan :)

4 komentar:

uNieQ mengatakan...

wuihhh soppeng....!!!!

iks pengen kesanaaaa, apalagi ke le'ja tempat mandi air panasss...wuihh segernya itu..

yuuuu

eh say, ralat, itu bulu dua dinamakan kaya gitu, karena disitu ada gunung bulu dua, dari jauh tuyh gunung kaya sepasang kekasih..

Btw baru k tau klo kena ki ee' na panyiki, bakal dapat orang soppeng, ke soppeng pale deyh, kasi kena ee' na panyiki..sapa tau dapat hihihihi

seep seep thx say.. lumayan niyh nambah2

arhyen mengatakan...

@unieq:
wew.. ST12 ma sede..hmm gtu kah cc.. diriku kiranya sperti itu, lgian jg g' prnh ka bertanya sm mace bla..

nnti pi tambah2 critanya.. eh tp villa yg dekat rumah, enak loh viewx dstu.. kepengen??yuukkkk..mariii..

Anonim mengatakan...

tinggal dmanaq disoppeng????

oakleyses mengatakan...

oakley sunglasses wholesale, cheap oakley sunglasses, nike free, polo ralph lauren outlet online, louboutin pas cher, nike roshe, uggs on sale, kate spade outlet, louis vuitton, air max, oakley sunglasses, nike outlet, tory burch outlet, ugg boots, polo outlet, nike air max, louis vuitton outlet, burberry pas cher, christian louboutin shoes, longchamp outlet, tiffany and co, chanel handbags, nike air max, longchamp outlet, replica watches, jordan pas cher, ray ban sunglasses, ray ban sunglasses, polo ralph lauren, oakley sunglasses, tiffany jewelry, ray ban sunglasses, nike free run, christian louboutin outlet, louis vuitton outlet, prada outlet, ugg boots, prada handbags, christian louboutin uk, gucci handbags, longchamp pas cher, michael kors pas cher, longchamp outlet, louis vuitton outlet, oakley sunglasses, replica watches, christian louboutin, jordan shoes, sac longchamp pas cher