Jumat, 07 November 2008

Karebosi

November rain...

sama seperti lagu yak!!!??!tapi kenyataanya memang seperti itu, di awal tanggal dibulan november hujan mengguyur kota makassar.Di akhir bulan oktober musim sepertinya dah mulai menampakkan perubahannya, dimana saat udara bisa terasa panas sekali, tapi tiba² hujan turun walao masih berupa titik-titik air dan jika seperti itu,bau tanah yang semula panas oleh cahaya matahari dan seketika di sirami air hujan sangat khas sekali ketika kita menghirupnya.

dan.. hari selasa di awal bulan november(4/nov) dari subuh hari, hujan sudah mengguyur kota makassar,mendung pun menyelimuti langit kota makassar dan bisa jadi orang-orang yang mempunyai kesibukan di luar rumah enggan menjalani aktifitas mereka(tubuh dililit selimut hangat lebih nikmat)ohohohoh.. dan memang hujan pada hari itu turun dengan derasnya, saya saja yang didalam gedung yang dikelilingi tembok dan kaca anti kedap suara bisa mendengar derasnya air yang jatuh dari langit mengguyur kota makassar.

dan kejadian tak terduga terjadi disalah satu pusat perbelanjaan yang baru dibuka, tepatnya Mall Karebosi yang dibangun dibawah tanah, tepatnya di bawah sebuah lapangan luas, yang kata orang-orang makassar, lapangan itu dlu kala manjadi alun² kota karena luas lapangan yang lebar dan tepat berada di tengah² kota.Dan mengapa dikatakan lapangan karebosi?? karena konon katanya lapangan tersebut pernah berkumpul karaeng-karaeng(raja-raja gowa) di tengah lapangan untuk memanggil turunnya hujan
(yang dalam bahasa makassarhujan=bosi),karena pada saat itu kota makassar dilanda kemarau yang berkepanjangan dan yang menyebabkan banyak penderitaan untuk warga kota makassar saat itu lebih lengkapnya sahabat blogger baiknya baca disini (nak makassar wajib baca nih!!, soalnya ceritanya asli keren dan bisa nambah wawasan kita tentang makssar di masa lalu seperti apa )!!!

kembali kejadian di mall tersebut, hanya karena hujan sesaat tapi cukup deras..mall yang dibangun dibawah lapangan yang full sisi mistis itu seketika terendam air sampai sebatas paha orang dewasa, disinyalir bawah saluran air jebol karena tidak bisa menampung volume air yang meningkat akibat hujan deras yang mengguyur kota makassar.panik dan sejumlah pemilik kios keluar dari mall menyelamatkan diri mereka tanpa sempat menutup kios mereka,karena ditakutkan volume air terus bertambah karena belum ada penanggulangan sama sekali.kerugian pun menimpa sejumlah pemilik kios, malah ada seorang pemilik kios yang mengaku baru buka stand dagangannya sehari sebelum peristiwa itu terjadi.

dari berita dan sejumlah media yg ada dikota makassar,tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,namun kerugian mencapai puluhan juta rupiah.dan keanehan sedikit terjadi pada saat peristiwa itu, pemilik kios dan pengunjung banyak yang kerasukan, dan beberapa korban yang kerasukan itu mengatakan hal sedemikian "ini adalah teguran awal untuk mereka-mereka, dan akan ada susulan peristiwa-peristiwa seperti ini,yang akan meratakan karebosi"

hmmm...apakah konstruksi pembangunan mall karebosi kurang diperhatikan atau "penunggu lapangan itu marah atas perombakan atas tempat mereka"?????




nb: gambar di ambil dari www.panyingkul.com

6 komentar:

Anonim mengatakan...

Dari awal pembangunan mall disitu, ballisi' memangja saya. my grandfa pernah punya peta saluran air dan terowongan belanda pas dibawah karebosi. dan itu semua sekarang jadi mall, belumpi lagi itu kuburan raja2 di gusur. ede..de.. nda' tau kenafa orang gampang sekali lupa sejarah budaya sendiri dengan alasan pembangunan. paling juga UUD (ujung ujungnya duit), angngappai... rasakangmi itu.. hohohoho............

Anonim mengatakan...

knp seng karebosi

Azwar mengatakan...

karebosi juga sekarang dipagar keliling ya, khususnya area latihan PSM, sayang tak bisa nonton lagi juku eja pas latihan. mengenai MALL KAREBOSI juga itu dikrenakan lahan tersebut telah bersertifikat pribadi, jadinya ya di komersilkan.

uNieQ mengatakan...

hmmm untung belom banjir darah ya??? seperti legendanya..

hmmm pembangunan memang pny dampak..kayak begini mi dampaknya... barusannya itu karebosi banjir di??ck ck ck ck ck...

Anonim mengatakan...

Lagu itu saya tulis waktu musim hujan :)

oakleyses mengatakan...

celine handbags, north face outlet, jimmy choo outlet, hollister, iphone cases, mont blanc pens, lancel, ghd hair, p90x workout, valentino shoes, abercrombie and fitch, chi flat iron, hermes belt, hollister, reebok outlet, soccer shoes, nike roshe run, timberland boots, hollister clothing, converse outlet, lululemon, nike air max, louboutin, baseball bats, ray ban, north face outlet, ralph lauren, wedding dresses, longchamp uk, mcm handbags, gucci, nfl jerseys, nike huaraches, soccer jerseys, instyler, oakley, mac cosmetics, babyliss, vans outlet, asics running shoes, insanity workout, nike trainers uk, nike air max, beats by dre, vans, giuseppe zanotti outlet, bottega veneta, ferragamo shoes, herve leger, new balance shoes